h1

ICT Forum Sumatera Terbentuk

Desember 19, 2007

ict11.jpg


Anshori Djausal, MT. Purek 4 Universitas Lampung, terpilih sebagai Koordinator ICT Sumatra : “ICT Sumatra ini nantinya berupaya untuk berkontribusi dalam mewujudkan Sumatra menjadi Pulau Digital. Untuk itu sebuah forum terbentuk jangan berawal dari sebuah masalah, tetapi membentuk masa depan bangsa dengan visi kebersamaan,”kata Anshori.
Abdussomad Arief, Ir,Msc., Deputy EGM DIVES “ Pembentukan komunitas ICT Sumatra merupakan suatu langkah sangat posistif untuk mempercepat pembangunan Sumatra sbagai Pulau Digital ”.

Ace, GM UNER-1 Sumatra, “ Telkom senantiasa mendukung ICT Sumatra untuk menciptakan kecerdasan kolektif terutama kepada pelanggan. Sebab, tanpa ICT, niscaya dunia bisnis tidak akan berkembang optimal serta bangsa ini akan selalu tertinggal”. Pertemuan anggota komunitas ICT Forum (Informasi and Communication Technology Forum), berlangsung dengan penuh kekeluargaan dan komitmen yang tinggi. ICT Forum berlangsung sejak tanggal 12-13 Desember 2007 di Batam View Beach Resort dengan thema “Peranan dan pemanfaatan ICT Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Sumatra Pulau Digital”.

Anshori Djausal, MT (Purek 4 Universitas Lampung) terpilih sebagai koordinator ICT Sumatra. Sedangkan Wakil Koordinator Prof. DR. ING Mulyadi Bur (Universitas Andalas) dan Administrator M Irfan (TPL Porsea) dan You Devy.

ICT Sumatra dibentuk sebagai forum ataupun organisasi dari pelanggan Telkom yang nantinya akan saling “sharing” perihal teknologi ICT, dengan harapan ICT Forum mewujudkan silaturahmi, Sharing Knowledge dan Knowhow antara anggota ICT dari berbagai Sumatera, Update & Upgrade issue-issue aktual teknologi ICT, membangun kecerdasan kolektif bangsa dan membentuk masa depan bangsa. “ICT Sumatra ini nantinya akan membangun ICT mewujudkan Sumatra menjadi Pulau Digital. Untuk itu sebuah forum terbentuk jangan berawal dari sebuah masalah, tetapi membentuk masa depan bangsa dengan visi kebersamaan,”kata Anshori.

Wakil Koordinator Prof. DR. ING Mulyadi Bur menambahkan orang-orang akan merugi jika tertinggal ICT. “Pembentukan wadah ini sangat baik dan bermanfaat. Saya sangat support dan kita akan mengetahui segala informasi baik perkembangan ekonomi, akademik, perbankan, penerbangan, industri bahkan kepolisian dan lainnya,”ujarnya. Hal yang sama juga dikatakan Ari S salah satu peserta dari Universitas Riau. Disebutkannya, dengan pembentukan forum ini orang-orang akan berkoloborasi, bekerjasama bahu membahu untuk memperoleh informasi dan teknologi baik di bidang pendidikan, industri, perdagangan, pariwisata serta lainnya.

GM UNER-1, Ace dalam kesempatan itu menyebutkan Telkom senantiasa memberikan fasilitas kepada ICT Sumatra untuk menciptakan kecerdasan kolektif terutama kepada pelanggan. Sebab, tanpa ICT, niscaya dunia bisnis tidak akan berkembang optimal serta bangsa ini akan selalu tertinggal akan informasi serta teknologi. “Forum ini memiliki tujuan bagaimana menciptakan suatu kebersamaan dan silaturrahmi dimana akan muncul saling mengerti dan mampu menyebarluaskan ICT sehingga menambah ilmu terutama tentang informasi, komunikasi dan teknologi. Maka itu diperlukan penciptaan kecerdasan kolektif,”tuturnya. ICT Sumatra segera melakukan pembentukan media forum diskusi, Millis ICT Forum dan Blog ICT Sumatra.

Pembentukan ICT Sumatra diikuti dari berbagai kalangan antara lain dari Universitas Syah Kuala, Syahrial dan Taufik A. Gani, Peserta dari PT. Pusri Irza Weldy, Peserta dari Polda Sumsel AKBP Loewi Philip Tanamal, PT Bukit Asam Endang Purnomo, Universitas Sriwijaya Iwan Mahendra, Bank Mestika Ihwa, Pesrta dari PT. Uniland Sulung Tambulan, PT. Bina Rosano Eng Wardiyono, Universitas Riau Ari S, PT Adhya Tirta Batam Devi Priatna, PT.Batamec Peterzon, Universitas Internasional Batam Nanang dan INALUM Wilson.

Dalam rangka menyebarluaskan informasi tantang IT dan sharing knowledge, maka panitia juga menghadirkan para pakar dan pembicara dari berbagai instansi, antara lain : Deputy Interprise Service, Abdus Somad Arif, Manager Telkom Solution, Wahyudi, Pakar Router Cisco Puja Unggul Kartiman, UPI Holin Sulistiwo, Manager UNER-1 Area 1 Sumbagsel, Admiral Dasrin ST dan GM Corporate IT Production Garuda, Ismadinata.

Kegiatan sharing knowledge ini dikemas dalam bentuk “Talk-Show” dan Diskusi Ilmiah sehingga semua kalangan dapat mengikutinya dengan leluasa dan saling memberikan masukan untuk membangun komunitas ICT Sumatra secara konstruktif. Dikatakan Anshori, apabila suatu kebersamaan maupun komunitas dalam IT sudah tercipta, niscaya IT tersebut dapat dibangun dengan lebih lancar dan yang penting kita harus kompak,”tuturnya.

Deputy Interprise Service, Abdus Somad Arif menyebutkan, saat ini orang-orang sudah mengandalkan dan memerlukan suatu informasi disemua lini dan bahkan, ungkapnya, ke depan semua informasi akan dibutuhkan masing-masing orang dengan kata lain cutomer to customer perlu saling tukar pikiran dan informasi. “Mari bersama-sama kita wujudkan Sumatra Pulau Digital melalui pengembangan ICT di akademis, business dan government” jelas Abdul Somat Arif.Disamping itu, Manager Telkom Solution, Wahyudi yang juga dikenal sebagai praktisi ICT Telkom menambahkan untuk memperkecil gap pengetahuan ICT nasional dibutuhkan suatu forum yakni pembentukan ICT Forum diberbagai segmen. Diskusi dan Talk Show tentang ICT tersebut diikuti oleh seluruh peserta ICT Forum dengan antusias dan bersemangat. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya pertanyaan/masukan dan diskusi yang diterima koordinator ICT Forum.

Selanjutnya setelah Pembentukan ICT Sumatra terlaksana dan Diskusi Ilmiah/Talk Show berakhir, seluruh peserta dihibur dan dimanjakan dengan kegiatan Big Fun Game, Doorprize dan acara hiburan “ dance together” yang berlangsung meriah dengan penuh keakraban serta kekeluargaan. Kegiatan pertemuan komunitas ICT Sumatra akan berlanjut secara berkesinambungan sehingga dengan adanya forum ini dan pengembangan komunitas ICT Forum lainnya di seluruh Sumatra, diharapkan kecerdasan kolektif tentang ICT akan semakin tersebar luas di Pulau Digital Sumatra dan bahkan ke seluruh nusantara. Amin.

(kontributor uner 1 ibp/gsu)

7 komentar

  1. Congratulation, semoga Dapat menyatukan daerah-aerah dalam pulau Sumatera (Andalas Island) dalam satu konsep Full Digital System


  2. pak/bu admin,
    mohon koreksi tulisan “Universitas Negeri Lampung“, seharusnya “Universitas Lampung” atau disingkat Unila. Silahkan lihat: http://www.unila.ac.id

    terima kasih atas perbaikannya.


  3. Terima kasih bung eriek atas koreksinya…


  4. Nah yang begini neh yang ditunggu-tunggu. Semoga kerjasama yang melibatkan banyak pihak ini mampu untuk bertahan dan benar-benar fokus dalam mengembangkan ICT di kawasan Sumatra. Usul neh bos ictsumatra, gimana dengan website yang lebih formil misal dengan http://www.ictsumatra.org he…he….


  5. bener tuh kata herieds, biar lebih terlihat keseriusannya…😀


  6. saya sangat tertarik dengan informasi ICT forum ini. kebetulan perusahaan kami adalah perusahaan lokal yang juga memproduksi perangkat telekomunikasi, yaitu WIMAX. Saya pikir teknologi WIMAX ini mungkin dapat menjadi solusi untuk mempercepat deployment jaringan mengingat investasi yang diperlukan relatif jauh lebih rendah.
    Jika diizinkan saya sangat tertarik untuk terus mengikuti perkembangan forum ini dan mungkin kami dapat memberikan sumbangsih pikiran dalam menyukseskan program ini.
    Terima kasih.


  7. bagus lah… mari kita bersama mencerdaskan bangsa ini.
    klo sudah terbentuk bisa lah dibikin koneksi sama ICT diseluruh indo…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: